Komputer Portabel: Tak Perlu Repot Cari Hotspot

Intel tak sendirian. Entitas bisnis seperti Qualcomm juga tengah meracik prosesor yang digagas untuk mengotaki komputer portabel super cerdas. Untuk sementara perusahaan yang bermarkas di San Diego itu sudah melansir dua desain, yakni Anchorage--yang disebut-sebut akan head to head dengan Menlow--dan Fairbanks.

Ada pula ASUS. Perusahaan itu bahkan sudah sukses dengan produk terbarunya, Eee PC, laptop ringan yang memiliki kemampuan komputasi andal. Nama Eee berasal dari singkatan 3E dalam bahasa Inggris, ?Easy to learn, Easy to work, Easy to play?. Artinya, notebook ini cukup gampang digunakan untuk belajar, bekerja, dan bermain.


Berbeda dengan laptop pada umumnya, Eee PC tak menggunakan hard drives. Penyimpan data laptop berukuran tujuh inci dan bobot hanya 0,9 kg itu adalah solid state drives alias SSD. Ini adalah teknologi penyimpanan data menggunakan Flash & DRAM (hardware RAM disk) yang mengonsumsi daya lebih sedikit, memungkinkan komputer booting lebih cepat, dan secara fisik lebih tahan terhadap guncangan karena tidak menggunakan komponen bergerak. ?Ini adalah revolusi yang memang mesti terjadi,? kata Eden.

Kapasitas simpan perangkat penyimpan data itu pun kini makin besar. Pabrik pembuat SSD asal California, Bit Micro, misalnya, baru-baru ini meluncurkan produk berukuran 2,5 inci dan berkapasitas 832 Gigabyte. Sementara, dalam waktu yang sama Toshiba dan Samsung meramaikan pasar dengan SSD 1,8 inci berdaya simpan 128 Gigabyte.

Bukan hanya persoalan daya simpan, laptop dan UMPC kini juga telah berkembang dengan kemampuan ?berkomunikasi? yang jauh lebih baik. UMPC buatan OQO yang dilabeli e2, misalnya, mampu tersambung ke internet secara nirkabel melalui Wi-Fi dan jaringan telepon seluler 3,5G.

Tak mau ketinggalan, ASUS pada tahun 2008 ini akan melansir Eee PC yang mampu berkomunikasi tanpa kabel dengan menggunakan WiMAX. Ini adalah jaringan komunikasi nirkabel terbaru yang lebih pintar dan murah dibandingkan sistem yang sudah dikenal sebelumnya.

Intel sendiri juga menyiapkan chip yang mendukung pengoperasian laptop dan UMPC pada jaringan terbaru itu. Singkat cerita, ?Tak lama lagi orang akan bisa tersambung ke jaringan internet di mana dan kapan pun mereka berada. Orang tidak perlu lagi repot mencari area hotspot,? kata Moore.

sumber : okezone.com

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

0 comments to “Komputer Portabel: Tak Perlu Repot Cari Hotspot”

Post a Comment