Pria Berpostur Pendek Lebih Cemburuan

LONDON, RABU - Percaya atau tidak, pria yang memiliki postur tubuh pendek ternyata cenderung memiliki sifat pencemburu. Sifat cemburu para pria dengan ciri fisik seperti ini terungkap oleh para peneliti lewat sebuah hasil penelitian yang dimuat majalah New Scientist.

Seperti diwartakan BBC, Rabu (12/3) kemarin, para peneliti dari Universitas Groningen di Belanda dan Universitas Valencia di Spanyol melakukan survei terhadap 549 responden pria dan wanita. Survei ini digelar untuk membuat rata-rata seberapa cemburu para responden serta mengidentifikasi sifat yang membuat mereka menjadi sangat tidak aman.


Dari hasil riset terungkap bahwa pria yang bertubuh pendek ternyata merasa paling gelisah dan khawatir akan kekuatan, daya tarik serta kekayaan para pesaingnya. Namun, pria yang berpostur tinggi justru merasa paling rileks.
Sementara itu, kaum Hawa pada umumnya merasa cemburu dan iri dengan kecantikan serta pesona yang dimiliki para rivalnya. Namun kecemburuan yang paling kuat ditunjukkan oleh wanita yang tubuhnya termasuk pendek dan tinggi. Wanita yang tingginya masuk kategori rata-rata, meskipun tidak terlalu pencemburu, namun mereka cenderung merasa paling tidak nyaman dengan rekannya yang memiliki tinggi berbeda.

Diungkapkan pula dari riset tersebut kalau wanita dengan tinggi badan rata-rata, cenderung memiliki tingkat kesuburan yang baik dan sehat. Alhasil, mereka pun cenderung tidak mencemburui wanita lain.

Sementara itu laporan riset lainnya yang dimuat dalam jurnal Evolution and Human Behaviour, mengatakan para pria bertubuh jangkung menjadi kurang pencemburu karena tinggi badan mereka berkorelasi dengan pesona, kekuasaan dan kesuksesan dalam hal reproduksi.

Peneliti mengatakan, kehidupan binatang telah menggambarkan fenomena tersebut, di mana para pejantan bertubuh besar cenderung memenangi pertarungan dan memegang kekuasaan serta memonopoli akses terhadap betina. Peneliti juga merujuk pada riset sebelumnya yang menunjukkan bahwa pria bertubuh tinggi cenderung lebih sukses dalam kariernya dan lebih menarik perhatian para perempuan.

Menurut pimpinan riset, Abraham Buunk, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pria berpostur tingi juga mendapat keuntungan atau menikmati manfaat secara psikologis.

¨Temuan baru ini mengindikasikan bahwa tinggi badan memiliki konsekuensi penting secara psikologis,¨ ujarnya.

Namun para ahli juga mengatakan bahwa ada faktor lain yang memainkan peran dalam mempengaruhi sifat kecemburuan.

¨Kecemburuan adalah salah satu jenis ketakutan. Ini merupakan kekhawatiran akan kehilangan seseorang yang Anda cintai. Salah satu komponen pentingnya adalah pengendalian diri. Tinggi badan memang berkaitan dengan hal ini, tetapi mungkin ada karakteristik lainnya seperti kebotakan. Kunci penting lainnya adalah seberapa kuat hubungan yang dijalin,¨ terang Simon Gelsthorpe, dari The British Psychological Society.

sumber : kompas.com

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

2 comments to “Pria Berpostur Pendek Lebih Cemburuan”
Elsa said...
on 

hhm... sedikit aneh ya? hehehehehe...

Anonymous said...
on 

GAWAT juga neh penelitian,,,, karena aku termasuk salah satu ke dalam nya... sonaha don lae.....

HAHAHAHAAHAHAHAH................

Post a Comment