13 Langkah Pengembangan Diri

Untuk mencapai apa yang anda inginkan saat ini, yaitu mengembangkan diri anda, diperlukan kesadaran, kemauan dan komitmen yang tinggi dari diri anda sendiri.

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam proses pengembangan diri anda. Dibawah ini 13 langkah yang dapat anda baca untuk dapat anda lakukan.

Langkah-langkah dibawah menguraikan intinya saja. Sekarang, tergantung kepada Anda dan kita semua dalam menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

1) Bersyukur

Bersyukurlah pada apa yang ada pada diri anda saat ini. Terimalah apa adanya. Jangan merasa kehilangan pada apa yang tidak ada pada anda saat ini. Juga jangan menyesali kondisi anda pada saat ini dengan mengharapkan kondisi yang lain. Terimalah apa adanya. Anda harus benar-benar pasrah menerima kondisi anda saat ini. Jangan salahkan orang lain, apalagi Tuhan. Kita selalu lupa, bahwa sebelum sampai di saat ini, begitu banyak pertolongan yang kita terima, besar atau kecil, sehingga memungkinkan kita bisa sampai di saat ini. Pasrah dalam hal ini, bukanlah berarti tidak melakukan sesuatu, tapi benar2 tulus menerima keadaan, dan siap untuk memperbaiki bila merasa perlu. Bila anda dapat robah, lakukan...tapi bila tidak terimalah....


2) Sayangi dirimu

Sayangilah dirimu dahulu sebelum menyayangi orang lain. Karena diri anda adalah yang utama. Tubuh sebagai jiwa yang tampak dan jiwa sebagai tubuh yang tak tampak harus disayang setiap saat. Ucapkanlah rasa sayang anda pada keduanya, setiap saat….

3) Observasi diri anda

Cobalah untuk observasi diri anda sendiri. Siapakah anda saat ini dan ingin menjadi apa dikemudian hari. Apakah anda seorang pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai, penarik ojek, petani, pengusaha, atau bahkan pemimpin-peminpin negara, cobalah berikan waktu untuk merenung dan memikirkan siapakah anda sebenarnya saat ini? Lihatlah pada tulisan-tulisan lain di situs ini bagaimana caranya mengobservasi diri anda sendiri.

4) Open mind dan belajar

Anda harus open mind untuk dapat mengetahui diri andadan melakukan pengembangan. Cobalah untuk menerima semua input informasi yang anda terima. Terima dahulu informasi itu, jangan langsung disalahkan atau dicerca , tetapi juga jangan langsung percaya sebelum anda menantang info itu dengan belajar lebih lanjut. Selanjutnya bila info itu cocok dengan keperluan anda dan diri anda sendiri, gunakanlah info itu. Belajar perlu karena fungsi dari ilmu pengetahuan itu sendiri adalah untuk membuat anda merasa tidak tahu. Bila ilmu pengetahuan yang telah anda pelajari membuat anda merasa mengetahui segalanya, berarti ilmu itu tidak mencapai sasarannya. ”Mengetahui” hanya akan membuat anda bodoh dan kekurangan.

5) Buat Komitmen

Buatlah komitmen yang setinggi-tingginya, jangan pada yang kecil-kecil. Semakin besar komitmen anda semakin besar energi atau kekuatan yang timbul dalam diri anda. Selain itu semakin banyak kemudahan dan sumber yang akan datang pada anda. Misalnya anda mempunyai pabrik kecil pengolahan beras, janganlah buat komitmen seperti : ”pabrik berasku akan jadi besar dan sukses”, tapi cobalah komitmen seperti ” aku akan tingkatkan pendapatan semua petani di Indonesia”.

6) Sampah...no please

Jangan mau menerima kemarahan, ledekan, pikiran negatif dan lainnya dari orang lain. Itu semua adalah sampah. Kalau posisi anda membuat anda harus mendengarkan semua yang negatif itu, cobalah dengan berbagai cara yang anda miliki untuk tidak dimasukkan dalam perasaan anda. Jangan dimasukkan dalam subconscious mind anda. Buang cepat2 sampah itu. Atau sebaliknya, janganlah sering mengumbar kemarahan anda. Misalnya anda marah karena bawahan anda salah mengerjakan tugas yang anda perintahkan, cobalah mengatasi hal itu dengan kepala dingin tanpa mengumbar emosi kemarahan anda. Karena bila anda marah, anda akan menjadi tidak lebih baik dari bawahan anda yang membuat kesalahan itu. Ia salah karena tidak mengerjakan tugasnya dengan baik, tapi anda, karena marah, perasaan dan subconscious mind anda menjadi terganggu....dan ini akan tinggal lebih lama dalam diri anda.

7) Be happy

Berusahalah untuk gembira setiap saat. Segera ambil tindakan untuk membuat anda gembira saat ini juga. Nikmati hidup. Tapi jangan berusaha untuk menjadi orang yang berbahagia, karena anda akan menjadi orang yang selalu berusaha saja. Lakukanlah...gembiralah saat ini juga, gembiralah karena membaca halaman ini.

8) Bertanggung jawab

Anda harus bertanggung jawab pada apa yang anda lakukan. Jangan membodohi diri sendiri dengan melepas tanggung jawab anda. Tindakan baik anda akan menerima balas jasa dan tindakan buruk anda akan menerima ganti rugi. Itu pasti.

9) Saling menghargai

Hargailah orang lain. Hargai pendapat, kepercayaan orang lain. Anda akan dihargai kalau anda menghargai orang lain.

10) Kasih sayang

Tebarkanlah dan lakukanlah segala sesuatu dengan kasih sayang, kasih sayang tanpa pamrih.

11) Memberi dan menerima

Cobalah untuk memberi dengan ikhlas dan menerima dengan pasrah. Dengan memberi bukan berarti anda lebih baik dari si penerima. Semuanya ada tujuan. “What you give, you should recieve”

12) Challenge atau tantanglah

Tantanglah semua informasi yang anda terima. Jangan langsung percaya pada yang anda pernah dengar, karena banyak dibicarakan orang, karena diturunkan dari berbagai generasi, karena datang dari otoritas yang lebih tinggi. Tapi tantanglah, periksalah dan pahamilah apapun itu. Jika itu sesuai dengan anda dan akan mendatangkan kebaikan bagi semuanya, baru anda terima dan berbuatlah sesuai dengan hal itu.

13) Cintailah yang Maha Kuasa

Cintai dan dekatkanlah diri anda dengan yang Maha Kuasa. Serahkan diri anda pada Nya.

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

1
IKHSAN said...
on 

;))

Post a Comment