Pikiran Manusia, Kini Dapat Terbaca

PARIS - Ilmuwan California kini berhasil menciptakan metode yang memungkinkan manusia dapat membaca apa yang sedang dipikirkan oleh orang lain melalui bantuan sebuah sinyal.

Dilansir melalui AFP, Kamis (6/3/2008), perangkat yang diberi nama functional magnetic resonance imaging (FMRI) tersebut diperkenalkan oleh para neurosaintis dari Universitas California di Berkeley. FMRI merupakan sebuah non-invasive scanner yang mampu mendeteksi kecepatan alur darah ke otak. Sekaligus menghadirkan area otak yang dipicu oleh lampu, suara dan sentuhan.

Titik sasaran mereka adalah lapisan luar dari indra penglihatan manusia, bagian paling frontal di otak yang merekonstitusi gambar hasil kiriman retina. Berdasarkan data tersebut, tim ilmuwan membuat sebuah model komputasi melalui pola aliran darah yang tertangkap. Terdapat sekira 1,750 obyek gambar unsur kehidupan yang terpola untuk kemudian dapat ditampilkan.

Dengan menggunakan metode ini, program akan memindai gambar-gambar baru untuk memprediksi pola FMRI yang dimaksud melalui virtual cortex. Kemudian komputer akan mencocokkan ukuran aktivitas otak asli dengan ukuran aktivitas otak yang terprediksi. Lalu gambar yang cocok dengan ukuran tersebut akan dianggap sebagai hal yang ada dalam pikiran si objek.

sumber : okezone.com

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

1
adhi said...
on 

kalo sekedar menggerakkan robot/alat elektronik sih gapapa tapi kalo yang ini bahaya soalnya bisa nganggu privasi orang. tul gak?

Post a Comment