Pencakar Langit Berputar


Pembangunan gedung pertama yang bisa berputar, yaitu menara 80 tingkat dengan lantai-lantai yang bisa berputar sehingga gedung itu selalu berubah bentuk, akan segera dimulai.
Menara Dinamis atau The Dynamic Tower yang akan dibangun di Dubai, akan menjadi 80 apartemen yang masing-masing akan berputar secara independen.

"Ini akan menjadi gedung pertama yang berotasi, bergerak dan berubah bentuk," kata David Fisher, arsitek menara ini. "Bentuk gedung ini tidak pernah akan tampak sama, tidak sekalipun dalam seumur hidup," tambah dia

Inovasi, yaitu apartemen-apartemen seluas 420 meter persegi akan berputar 360 derajat perlahan-lahan dengan perintah suara, mengitari satu tiang pusat ditengah gedung.

Apartemen-apartemen itu akan digerakkan oleh 79 turbin bertenaga angin yang ditempakan diantara masing-masing lantai.
Gedung ramping ini akan memenuhi kebutuhan energinya sendiri karena turbin-turbin yang dipasanganya akan menghasilkan cukup energi listrik untuk menerangi seluruh gedung dan bahkan punya kapasitas ekstra untuk diberikan kembali ke pembangkit listrik utama, demikian menurut arsitek Italia ini ketika menjelaskan proyeknya di New York.

Apartemen-apartemen yang memerlukan waktu antara satu hingga tiga jam untuk menyelesaikan satu putaran, akan dijual dengan harga $3,7 juta sampai $36 juta. Juga ada rencana untuk membangun gedung yang sejenis berlantai 70 di kota Moskow. "Saya menyebut gedung ini dirancang oleh waktu dan dibentuk oleh kehidupan," demikian kata arsitek yang berbasis di kota Florence, Italia.

"Gedung-gedung ini akan membuka visi kita terhadap semua hal, ke satu kehidupan baru." Gedung pencakar langit ini akan menelan ongkos sekitar $700 juta dan direncanakan selesai dibangun dan siap dipakai di Dubai pada tahun 2010.

Sumber : bbc.co.uk

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

3 comments to “Pencakar Langit Berputar”
Tigis said...
on 

tambah canggih aja nih di luar negeri. Gedung pencakar langit bisa berputar. Kalo di kita yg berputar2x otak nih, mikirin neraca keuangan tiap bulan terus :)

masenchipz said...
on 

gud review bro...

btw oo.ye.... siang bro... dah makan blom hayo.... ngeblog mulu si om ini... btw ada kabar soal KAPAN LAGI dot COm di blog gw.... masalah duit...duit...

horbo said...
on 

teknologi di luar sana sudah semakin bagus...di indonesia nanti aja kita tunggu...

Post a Comment