Lagu Indonesia Raya Ada 3 Bait

Wah, baru tau nich bahwa lagu lagu kebangsaan Negara kita “Indonesia Raya” tidak seperti yang saya tau selama ini. Serius aja, dari SD, SLTP, SMK, hingga jadi mahasiswa di Politeknik saya tidak pernah mengetahui akan kenyataan ini. Awalnya tadi iseng searching lewat om google , dan ternyata sangat membuat saya menjadi berpikir-pikir + geleng kepala.

Kenyataan bahwa setidaknya lagu kebangsaan yang sering saya nyanyikan dulu di waktu sekolahan berbeda dengan kenyataan yang aku lihat saat ini. Kenyataan bahwa lagu yang saya nyanyikan selama ini hanya merupakan sebagian dari isi lagu kebangsaan yang saya lihat saat ini.

Ini lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya yang saya liat.

“Indonesia Raya”

Bait 1:
Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku.
Disanalah aku berdiri, Jadi pandu ibuku.
Indonesia kebangsaanku, Bangsa dan Tanah Airku.
Marilah kita berseru "Indonesia bersatu."

Hiduplah tanahku, Hiduplah negriku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya.
Bangunlah jiwanya, Bangunlah badannya.
Untuk Indonesia Raya.

Refrein:
Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Tanahku, negriku yang kucinta.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Tanahku, negriku yang kucinta.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya.

Bait 2:
Indonesia! Tanah yang mulia, Tanah kita yang kaya.
Di sanalah aku berada Untuk slama-lamanya.
Indonesia, Tanah pusaka, Pusaka Kita semuanya.
Marilah kita mendoa, "Indonesia bahagia!"

Suburlah Tanahnya, Suburlah jiwanya,
Bangsanya, Rakyatnya semuanya.
Sadarlah hatinya, Sadarlah budinya.
Untuk Indonesia Raya.

disambung dengan refrein

Bait 3:
Indonesia! Tanah yang suci, Tanah kita yang sakti.
Disanalah aku berdiri menjaga ibu sejati.
Indonesia! Tanah berseri, Tanah yang aku sayangi.
Marilah kita berjanji: "Indonesia abadi!"

Slamatlah Rakyatnya, Slamatlah putranya,
Pulaunya, lautnya semuanya.
Majulah Negrinya, Majulah Pandunya.
Untuk Indonesia Raya.

disambung dengan refrein


Waduh, Emang saya ini Bangsa apa yah?. Sedemikian hal kecil aja tidak mengetahuinya. Tapi memang baru kali ini saya melihatnya, dan tidak pernah sekalipun saya mendengar orang menyanyikan lagu kebangsaan ini seperti lirik diatas. Dan bahkan diacara-acara resmi disekolahan dan luar sekolah dulunya.

Dan seingatku juga, di Perayaan Hari Ulang Tahun Indonesia yang dihadiri Bapak Presiden juga tidak pernah menyanyikan lagu kebangsaan ini secara penuh. Hingga akhirnya saya meragukan kebenaran dari lirik lagu kebangsaan diatas. Kalau memang benar demikian, mengapa kita tidak menyanyikannya secara keseluruhan yah?. Kan sebagian isi dari Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 1958 menyatakan bahwa lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dinyanyikan diwaktu upacara-upacara kenegaraan dan acara resmi lainnya?

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

6 comments to “Lagu Indonesia Raya Ada 3 Bait”
Anonymous said...
on 

Loh aku juga kok baru tau ya,berarti panjang ya baitnya,trus knapa kita cuma nyanyi 1 bait doang ya,bingung juga nih gw.

D i d i said...
on 

wah, yang paling benar mana yah ?
kalo emang 3 bait, khan mesti dinyanyiin semua tuh ...

Ani said...
on 

Seingatku, pernah sih dibahas di suatu forum (lupa di mana), sudah beberapa bulan yang lalu..

parlin said...
on 

@Didi : Nah, itu yang membuat bingung neh....
@Ani : makasih infonya......

Ralita Sitio said...
on 

Wow....

Panjang juga ya,
Baru pertama kali baca nih,
Makasih deh bot, dah mau posting,

Keep searching,,

Nainggolan said...
on 

ini sudah lama bosss...masih ingat kasus Roy Suryo??
Coba baca di blog saya
http://asaborneo.blogspot.com/2008/04/pertanyaan-saya-pada-roy-suryo.html

Post a Comment