"....Umurku Tidak Lebih Dari 1 Bulan Lagi...." Katanya ( I )

Beberapa waktu yang lalu, dia pernah mengatakan bahwa “hidup dia atau umur dia” tak akan lama lagi. Disaat itu, dia banyak cerita tentang semua yang dialaminya di negeri sana. Disaat jauh dari orang tua, dan jauh dari sanak-saudara, jauh dari iklim social yang bersahabat seperti dikampungnya, akhirnya dia hanya bisa melepaskan segala galau dan takut dihatinya dengan menangis.

Rasa sakit yang semakin menjadi di bahunya, dan rasa takut seakan telah menjadikannya telah pasrah akan segala sesuatu hal yang terjadi pada dirinya. Dalam ceritanya dia mengatakan :
”….Umurku telah di vonis oleh para dokter yang merawatku bot, dan hanya akan bisa bertahan tidak lebih dari 1 bulan……Karena kanker ganas yang kuderita di bahuku tak akan bisa disembuhkan”
Dalam paraunya suaranya karena isakan tangis, dalam ceritanya dia masih memaksakan diri untuk bisa tetap tertawa. Walaupun aku tau, itu hanya tawa yang pasti hanya untuk bisa membuat sedikit rasa getir dan takut itu akan hilang.

Setelah dia bercerita panjang lebar akan “kisah” nya, akupun mencoba untuk bisa membangkitkan sedikit semangat jiwanya dengan mengatakan bahwa “hidup kita tidak berada ditangan dokter atau siapapun, akan tetapi hanya Tuhanlah yang tau akan hidup dan segala lika-liku kehidupan kita” terangku. Oleh karena itu, serahkan semuanya kepadaNya, dan berdoalah dengan segala ketulusan hatimu serta ceritakan semua masalahmu kepadaNya, ujarku. Dia diam sejenak mendengarku bicara dan menghapus air mata yang menetes di pipinya, trus berkata “Ya Tuhan, ampunilah aku”.

Mendengar dia berkata seperti itu, aku bisa merasakan betapa takutnya dia akan kata-kata dokter yang merawatnya itu. Mendengar seperti itu, aku bisa merasakan betapa menderitanya dia akan penyakitnya itu. Mendengar itu juga, hatiku seakan terenyah akan suatu doa dan pengharapan yang begitu tulus dari hatinya. Hingga dia akhirnya diam dan mengatakan bahwa dia tidak semangat lagi untuk hidup.

Dalam hal ini, aku langsung berkata :
"..Sepertinya Lita bukan seorang kawan yang kukenal sebelumnya. Lita yang kukenal adalah seorang person yang selalu ceria dan selalu tertawa disetiap ada masalah.."
Dia mencoba untuk menarik nafas dalam-dalam dan mencoba untuk tersenyum. Sebuah senyum coba dibuatnya di wajahnya yang sangat getir dimataku. Namun aku mencoba untuk membangkitkan semangat di dirinya dengan mencoba bercerita ke topik lain yang bisa membuatnya tertawa dan sedikit waktu bisa melupakan semua rasa takut dan getir dihatinya.

Hingga akhirnya, setelah saling bercerita tentang topik yang lain, dia akhirnya bisa tertawa lepas dan sinar harapan memancar dari matanya. Sebuah sinar kebahagiaan memancar dari matanya, dan senyum getirnya telah berganti menjadi sebuah senyum yang manis. Setidaknya sedikit rasa gejolak dan takut di hatinya telah terobati menurutku.

Hingga pada akhirnya, dia meminta untuk OFF karena pingin istrahat siang. Diakhir kataku aku berpesan “....Untuk tetap semangat karena bisa saja saat ini kita takut, khawatir, sedih, dan prustasi ; akan tetapi, besok, lusa dan selanjutnya, kita bisa tertawa, bahagia, dan senang oleh karenaNya. Oleh karena itu, serahkan semuanya kepadaNya..... “ pesanku.

Akhirnya, dia pun SIGN OUT dari YM nya dan CAM nya, dan pembicaraan kami berakhir sampai disitu.

* Bersambung…………

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

6 comments to “"....Umurku Tidak Lebih Dari 1 Bulan Lagi...." Katanya ( I )”
NAZA LUCKZANA said...
on 

mas teman lita ... aku lama off dan tak mampu menerima berita ini. aku memang tak sedekat mas .. tapi pertemuanku yang sebentar cukup membuat mataku tak pernah mampu berhenti mengalir. mas dimana alamat fs lita . banyak janji yang aku katakan dan belum sempat aku tunaikan padanya. tolong mas kalo mas ada foto lita beri aku fotonya

paank said...
on 

trenyuh.
kayak di sinetron.
semoga pembicaraan lanjutannya memberi harapan yang lebih baik

parlin said...
on 

@Naza : ia mas... setidaknya dia ada sedikit bercerita padaku. alamat fs nya : http://profiles.friendster.com/ralita..........
masalah foto,, aku tidak punya mas... tapi, di fs nya ada kok foto dia. (dia itu adik kelas aku dulu waktu SMP, walaupun dulunya aku tidak kenal sama dia, tapi, dia kenal aku) akhirnya.. kami sering chat karena merasa satu kampung gitu...

NAZA LUCKZANA said...
on 

dari emai yang aku terima dari dallas, lita akan dibawa ke medan. apakah mas masih dimedan, bisakah mas carikan info atau foto pemakaman nya. sebelum meninggal kami pernah membuat kerja sama pembuatan blog. saat blog itu rampung lita tak pernah ol lagi. saya juga diberi id dan pasword blog" anak yang hilang" . dia minta aku membenahi blog dia. minta blog rol dan mengisi blognya dengan lagu. aku belum sempat memenuhi permintaannya. sampai saat ini saya masih tak mampu membaca email yang dikirim pada saya.

Lyla said...
on 

duhh... ini to cerita tentang mba Lita... semoga segala dosa2nya diampuni dan segala amal ibdahnya diterima Tuhan YME...

Adieska said...
on 

Hiks... Merinding aku lae... Dah ada asumsi tentang cerita ini. Tapi ntar dulu deh. Aku baca part 2nya dulu :(

Post a Comment