Rencana Pembangunan PLTMH Di Simalungun

Melihat kenyataan bahwa pihak PLN selalu merugi tiap tahunnya, dan tidak dapat memenuhi kebutuhan akan listrik di tanah air, baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Simalungun berencana akan membangun pembangkit listrik tenaga mikro hydro di daerah Simalungun. Pembangkit yang akan menggunakan aliran sungai Silau di Kecamatan Hatonduhan Simalungun ini sebagai penggerak enam buah dinamo statis yang akan dipasang di Sungai untuk menghasilkan listrik dengan daya 10 MW.

Rencananya, pembangunan fisik dari pembangkit ini akan di mulai bulan Juni ini oleh PT. Berdikari dari Jakarta. Harga jual listrik juga telah disepakati sekitar Rp 376 per Kwh (kilo watt per hour) oleh Pemkab Simalungun. Demikian diberitakan oleh Kompas.com tanggal 19 Juni 2008.

Tentunya masyarakat Simalungun akan menyambut dengan suka cita masalah pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hydro ini. Selain harga yang ditawarkan juga murah, juga karena masyarakat Simalungun pasti sudah gerah dengan ulah dari PLN dengan melakukan pemadaman yang tidak jelas hingga saat ini. Masyarakat sudah barang tentu menginginkan “kemerdekaan” dalam hal listrik ini. Setidaknya nantinya listrik dengan daya 10 MW ini dapat membantu untuk dapat memenuhi kebutuhan listrik di daerah Kabupaten Simalungun. Setidaknya nanti masyarakat tidak akan merasakan pemadaman listrik yang begitu banyak yang dilakukan oleh PLN.

Memang bukan rahasia lagi, jika PLN sering melakukan pemadaman listrik di Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah barang tentu cukup akrab dengan pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN. Jangankan di desa-desa, di kota-kota besar juga PLN melakukan pemadaman yang tidak terjadwal sehingga masyarakat beralih menggunakan genset untuk menghidupkan peralatan listrik di rumahnya.

Kapankah masyarakat Indonesia akan merdeka dari belenggu pemadaman listrik PLN ?? . Semua orang pasti tidak akan bias menjawabnya. Yang pastinya masyarakat sangat mendambakan kemerdekaan listrik di Indonesia. Karena pada saat ini, listrik merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat Indonesia.

Baca Juga Yang Ini:



Comments :

1
Tigis said...
on 

wah keren nih pren. Kemandirian daerah dalam mslh sumber daya memang bener2x dibutuhkan saat ini. Sayangnya kalo buat daerah2x yg potensi alamnya ngga mendukung. Mgkin msh terlalu mahal buat mencoba solar cell :)

Post a Comment